c

Olahraga Sambil Rebahan, Untuk Kaum Mager Nih

Olahraga Sambil Rebahan, Olahraga termasuk aktivitas yang penting untuk kesehatan tubuh kita. Aktivitas yang satu ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, di antaranya mencegah penyakit. Namun karena kesibukan sehari-hari terkadang orang lalai dan malas untuk berolahraga. Nah, untuk kamu yang mager nya parah bisa lho olahraga sambil rebahan. Sebelum masuk ke topik utama nih sedikit info manfaat dari olahraga lainnya.

Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Tubuh

Apasih manfaat olahraga? jangan salah ya, olahraga memiliki peran penting juga untuk kesehatan kita. Tanpa olahraga kita akan mudah terserang dan tertular penyakit. Karena yang disebabkan imun tubuh yang menurun akibat kurangnya olahraga. Beberapa manfaat olahraga sebagai berikut:

1. Mencegah penyakit jantung dan stroke

Olahraga rutin setiap hari dapat membantu mencegah penyakit jantung dan stroke, sebab olahraga akan memperkuat otot jantung, menurunkan tekanan darah, meningkatkan tingkat kolesterol baik high-density lipoprotein (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat low-density lipoprotein (LDL), serta meningkatkan kemampuan jantung dalam mengalirkan darah.

2. Mengendalikan diabetes

Olahraga dapat membantu mengurangi lemak tubuh, sehingga dapat mencegah sekaligus mengendalikan diabetes tipe 2.

3. Menurunkan tekanan darah tinggi

Dengan berkurangnya lemak tubuh, terjadi juga penurunan tekanan darah pada penderita hipertensi.

4. Mencegah nyeri punggung

Peningkatan kekuatan dan ketahanan otot serta fleksibilitas tubuh yang didapat dari olahraga rutin dapat membantu mencegah nyeri punggung.

5. Menangkal obesitas

Aktivitas fisik teratur mampu mengurangi lemak tubuh serta membangun massa otot dan meningkatkan metabolisme tubuh. Jika disertai dengan asupan nutrisi yang sesuai, olahraga dapat membantu menurunkan berat badan sekaligus mencegah obesitas sebagai pemicu berbagai penyakit.

6. Menunda keterbatasan fisik saat usia tua

Olahraga, seperti berlari atau latihan aerobik lainnya, terbukti dapat menunda terjadinya keterbatasan fisik pada orang lanjut usia.

7. Menekan risiko osteoporosis
Olahraga dengan mengangkat beban secara teratur dapat membantu proses pembentukan tulang, karena diusia lanjut rentan sekali terkena penyakit tulang, salah satunya osteoporosis.

Gerakan-gerakan Olahraga Sambil Rebahan

Sehat itu mahal, jadi jangan malas untuk bergerak. Beberapa gerakan olahraga yang bisa kalian lakukan disaat mager dan bisa dilakukan ketika rebahan.

1. Jackknife sit-up dengan bantal

Pas udah nyaman di kasur rebahan pasti males bangun apalagi untuk olahraga. Padahal, saat rebahan kamu juga bisa melakukan gerakan alias latihan olahraga ringan. Gak percaya nih?

Caranya, tidur rebahan seperti biasa di atas kasur dan biarkan kakimu menjuntai. Kemudian, jepit bantal di antara kakimu dan lakukan gerakan layaknya jackknife sit-up yakni gerakan kaki naik turun sambil bergantian menjepit bantal antara kaki dan tangan. Jangan lupa, posisikan badan tetap tegak lurus di kasur.

2. Donkey kick dari atas kasur

Siapa bilang gerakan donkey kick cuma bisa di lakukan di atas matras atau pusat kebugaran? Sembari tiduran di atas kasur kamu pun juga bisa melakukan gerakan mudah ini.

Caranya adalah posisikan tubuhmu seperti merangkak di atas kasur. Usahakan pilih pinggiran kasur agar kamu bisa memosisikan sebelah kaki di kasur dan sebelah lainnya menjuntai. Untuk bagian kaki yang menjuntai, gerakan kaki seperti saat melakukan donkey kick. Lakukan bergantian antara kaki kiri dan kanan selama masing-masing 30 detik.

3. Bicycle crunch sambil tiduran

Sama seperti gerakan pertama, posisikan tubuhmu sambil tiduran lalu lakukan gerakan bicycle crunch selama 30 detik. Bedanya, bicycle crunch sambil tiduran perlu di lakukan dengan kepala sedikit menengadah agar hasil dari gerakan ini dapat terlihat jelas. Gampang banget kan.

4. Sit-up di atas kasur sambil loncat!

Gerakan ini mudah di lakukan, kamu sambil tiduran juga bisa kok! Jadi, mulai dengan tiduran lalu tekuk kakimu hingga melewati batas kepala. Kembalikan kaki ke posisi semula, sambil berdiri dan loncat. Tidur kembali dan posisikan tubuhmu seperti gerakan awal tadi. Mudah banget kan?

5. Squat di atas kasur, santai tapi hasilnya luar biasa!

Pertama-tama, posisikan tubuhmu seperti sedang berlutut di atas kasur. Lalu secara bergantian, ubah posisi kaki seperti mau jongkok. Lakukan gerakan ini selama 30 detik, di jamin kamu bakal lebih sehat deh!

6. Knee lift-leg kick combo paling rekomen untuk olahraga sambil rebahan

Latihan satu ini memang pas di lakukan sembari tiduran jadi gerakan ini rekomen untuk olahraga sambil rebahan, apalagi di atas kasur pas baru bangun tidur. Berbaringlah miring ke arah kanan atau sebaliknya dengan bertumpu pada lengan.

Tangan lainnya menyentuh lantai dan angkat salah satu kaki setinggi 45 derajat, tahan hingga 5 detik kemudian turunkan secara perlahan. Lakukan gerakan ini 30 sampai 40 kali pada masing-masing sisi. Di jamin, pahamu bakal lebih kencang dan seksi.

Gimana, gampang banget kan gerakan olahraga sambil rebahan ini. Gak ada alasan lagi malas berolahraga, soalnya baru bangun tidur dan di atas kasur saja kamu bisa olahraga pakai gerakan mudah di atas. Jangan lupa untuk mengimbangi olahraga dengan makan-makanan yang bergizi dan bernutrisi, agar tubuh benar-benar sehat dan terjauh dari penyakit.