c

Olahraga Penghilang Stres yang Efektif dan Menyenangkan

Olahraga Penghilang Stres: Banyaknya pekerjaan yang menumpuk, berbagai masalah yang belum terselesaikan, dan permasalahan lainnya yang datang di dalam hidup terkadang dapat membuat orang menjadi stres.

Stres dapat terjadi satu di antaranya karena suasana hati yang sedang dirasakan oleh seseorang, terbilang sedang tidak baik. Stres yang dialami biasanya dapat berpengaruh dengan kesehatan tubuh.

Olahraga adalah salah satu alternatif untuk membantu menghilangkan stress. Saat berolahraga, tubuh kita akan memproduksi hormon endorfin. Hormon ini bekerja untuk melawan stres. Kerja hormon endorfin adalah kontradiktif dengan kortisol—hormon penyebab stres. Jadi, olahraga dapat membebaskan pikiran dari berbagai masalah.

Dengan berolahraga secara teratur, otomatis organ di dalam tubuh akan bekerja, seperti otot menegang, tekanan darah meningkat, serta irama jantung bertambah cepat. Hal inilah yang membuat seluruh hormon dan saraf kamu akan menjadi normal kembali. Jadi, begitulah caranya olahraga mengatasi stres.

Lalu, olahraga apa saja yang dapat mengurangi stres? Ini jenis-jenis olahraga penghilang stres yang efektif dan menyenangkan yang bisa kamu coba.

Jenis Olahraga Penghilang Stres

1. Jogging

Jogging selama selama 15 menit dalam sehari sangat baik untuk kesehatan. Selain dapat membakar kalori dengan cepat dan membantu mengurangi risiko penyakit jantung, olahraga jogging juga dipercaya dapat meningkatkan mood seseorang.

Selain itu, olahraga jogging juga dapat membuat seseorang dapat tidur dengan nyenyak di malam hari, di mana keadaan ini sangatlah baik untuk meningkatkan memori di otak, menurunkan tingkat stres, dan melindungi seseorang dari serangan depresi.

Ada baiknya, jika ingin berolahraga jogging, pilihlah berlari di luar ruangan, jangan di treadmill, karena udara segar akan memberikan ketenangan jiwa dan memberikan paru-paru udara segar.

2. Menari

Olahraga Penghilang Stres

Siapa bilang menari bukan olahraga? Menari bahkan memiliki manfaat yang serupa dengan lari. Bergerak mengikuti musik dapat melepaskan hormon endorfin. Menari dapat mengangkat semangat dan mood sehingga membantu melepaskan stres.

Manfaat menari yang dapat mengurangi stres adalah tumbuhnya kontak dan hubungan dengan orang lain. Misalnya ketika kamu berusaha menyamakan ritme tarian supaya tetap kompak. Semua itu akan mengalihkan pikiran kamu dari berbagai masalah. Otak akan kembali fresh, dan kamu pun dapat kembali berpikir jernih.

Olahraga dengan menari dapat dilakukan melalui kegiatan zumba, aerobik, dan lain sebagainya. Aerobik efektif membantu seseorang dalam mengatasi stres. Lakukan gerakan aerobik secara rutin minimal lima kali dalam seminggu, selama 30 menit tiap kalinya untuk mengeluarkan perasaan positif dalam tubuh.

3. Yoga

Yoga adalah latihan pereda stres yang sangat baik karena melibatkan kekuatan tubuh dan pikiran dikombinasikan dengan pernapasan dalam. Ketika melakukan gerakan-gerakan yoga, Anda dituntut untuk memfokuskan pikiran dan membawa Anda ke dalam keseimbangan yang sehat.

Untuk menghilangkan stres, lakukan yoga atau yoga ringan untuk pemula. Anda dapat mengambil kelas yoga secara intens untuk meredakan stres yang Anda rasakan.

4. Kickboxing

Kickboxing adalah cara ampuh untuk mengurangi stres. Olahraga ini melibatkan gerakan meninju dan menendang terkontrol, yang dilakukan dengan disiplin. Anda bisa mendapatkan latihan yang cukup berat di kelas kickboxing, dan itu hanya satu di antara manfaat yang sangat baik.

Kickboxing secara teratur akan membantu meningkatkan keseimbangan, fleksibilitas, dan koordinasi Anda. Kickboxing juga cara yang bagus untuk mengatasi frustrasi. Memiliki pelampiasan untuk melepaskan energi dan amarah dapat meredakan stres.

5. Pilates

Olahraga Penghilang Stres

Pilates adalah rangkaian latihan yang menekankan keseimbangan tubuh, kekuatan tubuh, dan keselarasan yang tepat. Dengan fokus pada penguatan dan peremajaan otot, pilates menciptakan keselarasan fisik yang dapat menurunkan stres serta menurunkan risiko seseorang terkena stres.

Seperti yoga, konsentrasi pikiran yang diperlukan saat melakukan pilates dapat sangat membuat Anda menjadi merasa tenang dan terjauh dari rasa stres.

6. Berenang

Mengambang di air memicu respons relaksasi tubuh yang membantu menekan tingkat hormon stres. Berendam air hangat ditemani alunan musik yang lembut juga dapat di jadikan pilihan.

Anda juga bisa merendam kaki dalam air hangat yang di campur minyak aromaterapi. Aroma tertentu, seperti lavender, telah secara konsisten terbukti mengurangi tingkat stres.

Nah, itulah beberapa jenis olahraga penghilang stres yang menyenangkan untuk dilakukan. Jika kamu masih terus mengalami stres yang tak biasa, jangan ragu untuk mengonsultasikannya ke dokter.