c

Olahraga Mengecilkan Lengan Secara Efektif

Olahraga mengecilkan lengan-Penumpukan lemak di lengan bisa membuat lengan menggelambir. Untuk mengatasi kondisi demikian, kamu perlu olahraga khusus untuk mengecilkan lengan. Olahraga khusus membantu melatih otot lengan sehingga kencang dan terlihat lebih kecil. Umumnya, olahraga khusus mengecilkan lengan akan fokus pada latihan otot lengan atas atau bisep serta melatih otot lengan bawah atau trisep.

Jenis Olahraga Mengecilkan Lengan

Olahraga mengecilkan lengan

Yuk, simak jenis olahraga berikut ini yang dapat Anda coba untuk membakar lemak pada bagian lengan dan membuatnya lebih ramping.

1. Push up sempurna

Olahraga mengecilkan lengan

Olahraga satu ini sangat umum dilakukan oleh pria dan wanita. Push up terbukti efektif untuk membantu mengecilkan lengan yang bergelambir. Pertama-tama, ambil posisi badan tengkurap dengan kedua tangan diletakkan di lantai sebagai tumpuan dan pastikan kedua kaki tetap lurus. Perlahan turunkan badan ke bawah tanpa menyentuh lantai, lalu kembalilah ke posisi awal.

Jangan lupa mengatur pernapasan Anda, yaitu menarik napas saat mendorong tubuh ke atas. Sedangkan saat menurunkan tubuh, buang napas perlahan. Ulangi gerakan ini sebanyak 20-30 kali. Dengan rutin melakukan push up, lemak pada lengan Anda akan perlahan hilang sehingga jadi lebih ramping.

2. Counter push up

Olahraga mengecilkan lengan

Gerakan olahraga ini mirip dengan push up sempurna. Bedanya, jika push up sempurna bertumpu pada lantai, counter push up bertumpu pada meja berat yang tidak dapat bergeser.

Ambil posisi badan tengkurap dengan kedua tangan diletakkan di atas meja untuk menopang tubuh. Turunkan tubuh perlahan mendekati meja tanpa membiarkan tubuh menyentuh bagian meja, kemudian dorong ke posisi semula. Ulangi gerakan ini sebanyak 20-25 kali untuk hasil yang maksimal.

3. Push up dinding

Olahraga mengecilkan lengan

Jika Anda kesulitan melakukan push up sempurna atau counter push up, cobalah melakukan gerakan olahraga ini. Yang membedakan push up dinding dengan sempurna adalah posisi dan tempatnya saja.

Untuk melakukan push up dinding, berdirilah di depan dinding dan kedua telapak tangan menyentuh dinding. Perlahan dekatkan wajah ke dinding dengan tangan ditekuk. Ulangi gerakan ini sekitar 20-25 kali untuk mengecilkan lengan Anda secara maksimal.

4. Skipping

Olahraga mengecilkan lengan

Biasa dikenal dengan sebutan lompat tali, skipping juga ternyata dapat membantu mengecilkan lengan, loh.  Selain itu, skipping juga dapat menjadi salah satu olahraga untuk mengecilkan paha. Jadi, bagi Anda yang ingin mencapai body goals, cobalah olahraga ini setiap pagi atau sore agar dapat memperoleh hasil maksimal. Ini dia beberapa pilihan tali skipping yang bisa kamu gunakan.

5. Bench Dips

Olahraga mengecilkan lengan

Untuk melakukan olahraga ini, Anda memerlukan meja atau benda berat yang tidak mudah bergeser saat menjadi tumpuan. Mulailah dari posisi duduk di lantai dengan kedua tangan menghadap ke belakang dan memegang tumpuan. Luruskan kaki dan perlahan angkat bokong Anda.

Lakukan gerakan dengan meluruskan tangan Anda dan kembali menekuknya hingga 90 derajat. Usahakan agar bokong Anda tidak sampai menyentuh lantai. Ulangi gerakan ini selama 30-35 kali dan lakukan secara rutin setiap hari.

6. Pull up

Olahraga mengecilkan lengan

Olahraga untuk mengecilkan lengan berikutnya adalah pull up. Untuk melakukan olahraga ini, Anda memerlukan tiang besi atau kusen pintu yang kuat dan lebih tinggi dari Anda. Caranya sangat mudah, yaitu awali dengan posisi berdiri dengan kedua tangan memegang tiang dengan erat. Perlahan angkat tubuh Anda ke atas dan tahan selama 8 detik, lalu turunkan. Pastikan kaki tidak menyentuh lantai agar hasil olahraga Anda dapat lebih maksimal.

7. Gerakan menggunting

Olahraga mengecilkan lengan

Gerakan satu ini termasuk ke dalam olahraga kardio yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan dan mengecilkan lengan, loh. Mulailah dengan posisi berdiri tegak dan tangan diangkat setinggi bahu dalam keadaan terbuka lebar. Perlahan buatlah gerakan menggunting dengan tangan Anda. Regangkan lengan ke samping tubuh, kemudian kembali ke depan dengan posisi tangan kanan dan kiri saling tumpang tindih. Lakukan gerakan ini sebanyak 20-30 kali setiap harinya.

8. Mengangkat beban

Olahraga mengecilkan lengan

Untuk melakukan olahraga ini, Anda memerlukan sepasang dumbell atau beban lainnya, seperti sebotol air berukuran 1 sampai 2 liter. Pertama-tama, mulailah dengan posisi berdiri dengan kaki terbuka selebar bahu. Pegang beban dengan kedua tangan Anda dan posisikan sejajar dengan bahu. Perlahan angkat beban ke atas kepala dan pastikan lengan tetap lurus. Kemudian, turunkan kembali kedua tangan sejajar dengan bahu. Lakukan gerakan ini selama 30-35 kali secara rutin setiap hari.

9. Memutar lengan

Olahraga mengecilkan lengan

Salah satu olahraga mengecilkan lengan yang termudah dan tidak memerlukan alat adalah memutar lengan. Mulailah dengan posisi kedua tangan direntangkan ke samping sejajar dengan bahu. Buatlah gerakan melingkar sebanyak 50 kali ke depan dan belakang. Lakukan gerakan ini secara rutin setiap hari untuk memperoleh hasil yang maksimal.

10. Side plank dengan dumbbell

Olahraga mengecilkan lengan

Gerakan satu ini juga terbukti ampuh untuk menghilangkan lemak pada lengan, loh. Pertama-tama, sandarkan tubuh Anda secara menyamping ke lantai dengan salah satu siku tangan yang menopang tubuh dan tangan lainnya Anda gunakan untuk memegang dumbbell. Perlahan angkatlah dumbbell yang Anda pegang ke atas sejajar dengan bahu, lalu turunkan dengan siku tangan lainnya tetap menopang tubuh. Ulangi gerakan ini sebanyak 30 kali setiap satu sisi.

11. Berenang

Olahraga mengecilkan lengan

Jika Anda suka berenang, selamat! Anda dapat mengecilkan lengan dengan cara mudah dan menyenangkan. Olahraga renang ini akan membantu melatih otot bahu dan juga membakar lemak pada lengan Anda. Untuk hasil yang maksimal, Anda dapat berenang minimal 2 kali seminggu selama 30 menit.