c

Ketahui Jenis Olahraga yang Tepat untuk Anak

Mengetahui jenis olahraga anak merupakan hal yang sangatlah penting. Kebiasaan berolahraga ini harus Anda bangun sejak dini karena dengan fisik yang benar-benar sehat anak Anda akan bisa tumbuh secara maksimal.

Terdapat beberapa gerakan olahraga yang sangat cocok diterapkan untuk anak usia SD yang bisa Anda kenalkan mulai dari sepak bola, berenang dan juga bisbol. Dengan membiasakan anak tetap aktif setiap hari, hal itu akan membantu dalam mengurangi kebiasaan anak dalam menghabiskan waktu.

Apa Jenis Olahraga yang Tepat untuk Anak?

Ada banyak sekali jenis olahraga yang bisa dilakukan oleh anak guna mendukung perkembangan fisik mereka. Olahraga sebaiknya dilakukan dengan teratur selama 1 jam tiap hari.

Pada usia 6 hingga 8 tahun, pertumbuhan serta perkembangan anak memang terus berlanjut. Di sini nantinya anak bisa mulai mencoba berbagai macam aktivitas fisik yang berhubungan dengan kebugaran dan atletik.

Jenis olahraga yang sangat cocok untuk anak SD yang bisa dilakukan di antaranya yaitu bersepeda, sepak bola, baseball, basket, olahraga senam dan berenang. Melakukan berbagai macam olahraga untuk anak SD tersebut akan membantu tumbuh kembang berjalan secara sehat dan optimal.

Di usia 9 hingga 11 tahun koordinasi tangan serta mata anak akan makin baik. Karena itu jenis olahraga yang sangat baik untuk anak-anak tersebut diantaranya tenis, basket, sepak bola, olahraga senam, lari jarak jauh dan yoga.

Saat berolahraga anak akan mengalami cedera, dan saat itu dibutuhkan tindakan medis. Untuk menghindarinya, Anda perlu memastikan agar di sini anak melakukan pemanasan dan tetap dehidrasi untuk menghindari masalah tersebut. Anak memerlukan kegiatan fisik agar bisa mengembangkan kemampuan dan kekuatan dari otot.

Dengan begitu tak ada kata terlambat di dalam memulai kegiatan olahraga ataupun memperkenalkan sejak dini. Jika berbicara mengenai usia yang tepat dalam membangun kebiasaan olahraga maka orang tua sudah dapat membiasakan si kecil berolahraga atau melakukan aktivitas fisik sejak mereka masih berusia 3 hingga 5 tahun.

Untuk anak yang berusia 3 hingga 5 tahun aktivitas fisik secara teratur nantinya akan membantu dalam meningkatkan kesehatan tulang serta menjaga berat badan dalam kisaran yang sehat untuk masa pertumbuhan.

Jenis olahraga untuk anak TK yang bisa dilakukan antara lain yaitu berlari, bermain lempar bolaz melompat, berenang, olahraga senam. Jenis olahraga untuk anak TK tersebut sebaiknya lebih menekankan pada bermain bukan pada kompetisi supaya mereka dapat menjalaninya dengan senang hati.

Sementara itu setelah memasuki masa remaja anak dapat melakukan gerakan olahraga yang jauh lebih kompleks serta menantang agar bisa menjaga kebugaran. Anak remaja yang di sini berusia 12 hingga 14 tahun mungkin akan mulai fokus pada latihan kekuatan serta latihan pembentukan otot.

Tapi pastikan mereka sudah memasuki masa pubertas jika ingin melakukan kegiatan latihan fisik tersebut. Olahraga anak-anak yang bisa dilakukan mulai dari usia remaja antara lain yaitu berenang, berlari maraton, push up, sit up, yoga, menari dan sepak bola.

Jenis olahraga tersebut memakai otot besar yang nantinya bisa membantu di dalam mengembangkan kekuatan. Tapi pastikan di sini anak benar-benar melakukan hal tersebut dengan tepat.

Tak hanya terpaku pada satu jenis olahraga saja, Anda pun bisa menggabungkan dengan permainan yang dirasa sangat menyenangkan seperti contohnya berlari, melompat kemudian menendang bola. Hal tersebut bisa membantu anak agar nantinya bisa terhindar dari rasa bosan.