c

Jenis Olahraga Menyehatkan Tulang dan Sendi

Jenis olahraga menyehatkan tulang-Menjaga kesehatan sendi dan tulang sangat penting, agar kamu bisa bergerak aktif, bebas dan lincah, tanpa ada gangguan rasa nyeri. Selain memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tulang dan sendi, berolahraga secara rutin juga merupakan cara yang ampuh untuk menjaga kesehatan keduanya.

Tidak hanya sebagai penyokong tubuh, tulang juga berperan sangat penting untuk pergerakkan tubuhmu. Sedangkan sendi membantu agar tulang dapat digerakkan dengan lentur.  Namun, ketika seseorang memasuki usia 30 tahun, massa tulang bisa berkurang secara perlahan dan rentan mengalami gangguan sendi.

Nah, tetap aktif bergerak dan rutin berolahraga bisa memberi manfaat yang besar untuk kesehatan tulang dan sendimu. Pertanyaannya, olahraga apa saja sih yang bisa menyehatkan tulang dan sendi?

Jenis Olahraga Menyehatkan Tulang dan Sendi

Jenis olahraga menyehatkan tulang

1. Bersepeda

Bersepeda adalah jenis olahraga yang menyenangkan dan menyehatkan. Di samping kamu bisa jalan-jalan di lingkungan sekitar, bersepeda dapat memperkuat otot-otot kaki. Saat kamu mengayuh sepeda otomatis kamu menggunakan otot-otot kaki, sehingga meningkatkan kekuatan tulang paha depan dan belakang serta memperkuat sendi-sendi lutut.

2. Jogging

Kalau kamu bertanya jenis olahraga apa yang paling murah, maka jawabannya adalah jogging. Olahraga ini dapat di lakukan di mana saja tanpa harus mengeluarkan ongkos sepeser pun. Jogging bisa di katakan menjadi tren kebugaran yang tidak akan tergerus zaman. Jogging setidaknya empat jam seminggu mampu menurunkan risiko patah tulang pinggul sebesar 41%. Namun, kecepatan dan intensitas jogging perlu di sesuaikan dengan tingkat kebugaran saat ini.

3. Golf

Memanggul tas golf dan mengayunkan stik golf dapat menambah banyak pekerjaan tubuh bagian atas. Selain itu, mengejar bola golf ke titik berhentinya bola juga membuat pinggul dan tulang belakang bekerja.

4. Menari

Menari salsa, samba, zumba, dan tango adalah sejumlah tarian yang menggunakan pinggul. Selain membuat jantung memompa lebih keras, menari juga dapat membangun tulang agar semakin kuat saat kamu rutin melakukannya. Aerobik, kickboxing dan semacamnya juga bisa di coba karena melatih kekuatan otot serta tulang melalui gerakan dan langkah yang bervariasi.

5. Hiking

Jalan yang menanjak atau menurun saat hiking juga mampu meningkatkan kepadatan tulang, terutama di bagian pinggul. Selain memperoleh manfaat kesehatan, hiking bisa melepaskan stres karena kamu bisa melihat pemandangan indah dan bertemu orang-orang baru.

6. Olahraga Raket

Tenis, squash, dan tenis dayung mampu meningkatkan kepadatan tulang. Setiap kali kamu mengayunkan raket, gerakan tersebut mampu menekankan lengan, pergelangan tangan, dan bahu. Berlari mengejar bola juga dapat melatih pinggul dan tulang belakang.

7. Latihan Kekuatan

Mengangkat beban, menggunakan alat berat yang tersedia di gym atau melakukan senam adalah bentuk latihan kekuatan atau resistensi. Menahan beban alat maupun berat badan sendiri, otomatis menekankan serangkaian otot dan tulang. Cobalah untuk berlatih setidaknya dua kali seminggu untuk merangsang pertumbuhan tulang.

8.Tai Chi

Olahraga yang melibatkan banyak gerakan peregangan, seperti tai chi, bisa membantu persendian kamu agar siap untuk latihan yang lebih intens. Latihan yang bisa meningkatkan fleksibilitas ini juga memungkinkan kamu untuk mempertahankan rentang gerak yang penuh yang bisa di capai oleh sendi.

Manfaat Olahraga Untuk Tulang Sehat

Banyak penelitian membuktikan efek positif dan peran penting olahraga terhadap kesehatan tulang. Baik dalam meningkatkan kepadatan tulang sebagai tabungan untuk masa depan, maupun memperlambatnya berkurangnya kepadatan tulang saat memasuki usia lanjut, dan setelah seorang wanita mengalami menopause.

Olahraga yang di lakukan sejak dini akan membuat kepadatan, pertumbuhan, dan kekuatan tulang secara maksimal. Olahraga teratur dapat mempertahankan bahkan meningkatkan kepadatan tulang (1 – 3%) pada mereka yang berusia 30 – 40an, selain juga menjaga kesehatan jantung dan kebugaran tubuh secara keseluruhan.

Tai chi selama 45 menit sehari yang di lakukan lima kali dalam seminggu, menurut penelitian yang di laporkan dalam Physician and Sportsmedicine, dapat memperlambat berkurangnya kepadatan tulang pada wanita yang telah mengalami menopause hingga 3,5 kali lipat di banding yang tidak melakukan tai chi.

Olahraga memiliki beberapa mekanisme yang memberi kontribusi penting dalam membuat tulang tetap sehat, yaitu:

  • Tekanan pada tulang akan merangsang osteoblas, sel yang di perlukan untuk pembentukan tulang baru dalam proses remodeling tulang.
  • Olahraga akan membuat otot-otot tubuh lebih kuat sehingga memberi tekanan pada tulang, yang pada akhirnya membuat tulang lebih padat.
  • Olahraga membuat metabolisme dan peredaran darah yang mengantarkan kalsium dan mineral lain yang berperan penting dalam pembentukan tulang lebih lancar.
  • Tak hanya meningkatkan kepadatan tulang, olahraga seperti yoga, pilates, dan zumba juga dapat menguatkan otot dan melatih keseimbangan sehingga seseorang tidak mudah jatuh, membuat risiko patah tulang pun menurun.

Setiap orang boleh saja memiliki motivasi yang berbeda dalam berolahraga, entah itu untuk bersenang-senang atau membentuk tubuh, namun untuk mendapatkan tulang yang sehat, olahraga yang di sarankan para ahli bukan sekadar bergerak. Olahraga yang menyehatkan tulang adalah aktivitas fisik yang terencana, terstruktur, di lakukan secara rutin dan teratur, serta memiliki tujuan untuk meningkatkan atau menjaga satu atau lebih aspek kebugaran tubuh.