c

Jenis Olahraga Kardio dan Manfaatnya

Jenis Olahraga Kardio dan Manfaatnya, Salah satu cara meraih kebugaran jasmani adalah dengan berolahraga secara rutin. Banyak kalangan memilih olahraga kardio sebagai opsi sebab olahraga ini bisa meningkatkan daya tahan, membakar lemak tubuh, dan menurunkan berat badan. Apa saja jenis olahraga kardio yang bermanfaat bagi tubuh?

Pengertian dan Manfaat Olahraga Kardio

Olahraga kardio atau biasa dikenal dengan olahraga aerobik merupakan kegiatan tubuh yang bertujuan untuk menjaga kesehatan jantung dan paru-paru. Memiliki segudang manfaat yang bukan hanya sebagai pembakar kalori saja. Dan juga memiliki banyak manfaat seperti memperbaiki fungsi tubuh, memperbaiki denyut jantung, tekanan darah, pernapasan.

Sebelum melakukan olahraga kardio sebaiknya melakukan pemanasan terlebih dahulu. Pemanasan membantu mempersiapkan tubuh Anda dalam berolahraga, meningkatkan suhu tubuh, dan mengurangi cidera.

Setelah panasan sebaiknya melakukan pendinginan juga, hal ini bertujuan untuk memulihkan denyut jantung dan memulihkan tekanan darah. Anda hanya perlu minimal 10 menit untuk melakukan olahraga kardio yang manfaatnya sudah baik untuk kesehatan jantung.

Apa sih kira-kira manfaat olahraga yang satu ini?

Olahraga kardio sangat memengaruhi kesehatan organ jantung, paru-paru, dan pembuluh darah. Selain itu, aktivitas ini juga memiliki manfaat lain bagi kebugaran tubuh seperti berikut ini.

  • Membantu menurunkan berat badan serta mempertahankannya apabila dikombinasikan dengan asupan diet sehat dan seimbang.
  • Meningkatkan stamina dan kebugaran tubuh. Selain itu, aktivitas ini juga meningkatkan kebugaran jantung, paru-paru, otot, dan tulang dari waktu ke waktu.
  • Mengaktifkan sistem kekebalan tubuh sehingga terhindar dari berbagai infeksi virus ringan, seperti batuk dan flu.
  • Mengurangi berbagai risiko penyakit kronis, seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke, diabetes, dan jenis kanker tertentu.
  • Membantu mengelola sejumlah kondisi kesehatan, seperti menurunkan tekanan darah dan mengontrol kadar gula darah.
  • Berolahraga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik atau high-density lipoprotein (HDL).
  • Membantu meningkatkan suasana hati dengan mengurangi efek stres dan depresi. Hal ini juga berdampak pada peningkatan kualitas tidur seseorang.

Mengatakan bahwa orang dewasa membutuhkan aktivitas fisik selama 150 menit per minggu. Anda bisa mencicilnya dengan meluangkan 30 menit per hari selama 5 kali dalam seminggu. Jika durasi 30 menit tersebut terasa berat untuk diselesaikan dalam satu waktu, Anda bisa memecahnya kembali di hari itu.

Sebelum dan setelah berolahraga, pastikan Anda sudah melakukan pemanasan dan pendinginan. Berolahraga tanpa pemanasan dan pendinginan akan berdampak buruk bagi tubuh.

Jenis Olahraga Kardio

Olahraga kardio dapat dilakukan dirumah dan dimanapun dengan mudah, bahkan bagi pemula pun sangat disarankan. Berikut macam-macam olahraga kardio yang bisa kamu coba:

1. Lompat tali

Lompat tali adalah jenis olahraga kardio yang dapat dilakukan dirumah atau dimanapun dengan mudah. Kita hanya membutuhkan sebuah tali yang panjangnya bisa menyesuaikan. Selain itu lompat tali merupakan salah satu olahraga kardio yang bisa membakar kalori dengan cepat.

2. Squat Jump

Squat jump adalah olahraga yang melatih kekuatan otot kak. Tetapi olahraga ini tidak disarankan bagi Anda yang memiliki masalah dengan persendian lutut. Jika Anda ingin mencobanya, langkah awal bisa lakukan squat jump dengan 15-30 kali terlebih dahulu baru bisa kamu tambahkan sesuai dengan kekuatan tubuhmu.

3. Jogging

Olahraga jogging sudah tidak asing lagi bukan? Benar, olahraga ini merupakan olahraga lari santai yang bisa kamu lakukan dimana saja. Sebelum melakukan jogging, jangan lupa untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum memulai jogging. Pemanasan membantu tubuh menjadi lebih rileks dan siap dalam menerima olahraga selanjutnya.

4. Naik-turun tangga

Jika rumah Anda terdapat tangga bisa dimanfaatkan sebagai sarana olahraga kardio. Anda bisa melakukannya dengan 2-3 kali naik turun tangga. Naik-turun tangga cukup efektif untuk melatih kekuatan otot-otot tubuh bagian bawah.

5. Lompat

Apabila anda tidak memiliki tali, Anda bisa melakukan lompat ditempat tanpa perlu bantuan alat. Lompat berfungsi untuk ketahanan otot kaki. Lakukan lompatan dengan cepat dan tidak perlu terlalu tinggi, berdiri dan menaikkan tubuh Anda dengan cepat. Berikut gerakan lompatan yang bisa dilakukan:

    • Berdiri tegak dengan kaki selebar bahu, rentangkan kedua tangan ke samping tubuh dengan telapak menghadap bawah.
    • Melompat dengan posisi menyilangkan tangan kanan di atas tangan kiri dan kaki kanan di depan kaki kiri.
    • Setelah itu akan terhitung sebagai 1 set. Terus lakukan bergantian sisi dan ulangi sebanyak 25 set.
    • Menjaga kecepatan lompatan dan jangan terlalu lama waktu istirahat antara lompatan.

6. Kickboxing

Merupakan salah satu jenis olahraga kardio dan termasuk seni bela diri. Olahraga ini mengandalkan kontak fisik meliputi memukul, menendang dan sebagainya. Anda dapat membakar 100 kalori hanya dalam waktu 10 menit saja.

7. Bersepeda

Bersepeda adalah hobi bagi setiap kalangan baik anak kecil sampai lansia. Ternyata bersepeda juga memiliki banyak manfaat. Bersepeda juga menjadi sarana olahraga yang paling banyak digemari, hal ini karena dengan bersepeda bukan hanya bagus untuk otot kaki saja tetapi juga bagus untuk suasana hati. Ketika bersepeda kita bisa keluar sebentar dari rumah dan melihat pemandangan sekitar.

Berbagai pilihan jenis olahraga kardio selain yang ada di atas tersebut bisa Anda lakukan kapan saja dan di mana saja dengan mudah. Latihan intens ampuh membakar hingga 700 kalori dalam satu siklus, berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk memulai rutinitas ini.