c

Gerakan Olahraga Peninggi Badan yang Mudah Dilakukan

Gerakan Olahraga Peninggi Badan: Memiliki postur tubuh tinggi memang dipengaruhi oleh faktor genetik. Namun, Anda yang tak memiliki faktor genetik postur tinggi dari orang tua bisa mencoba beberapa jenis olahraga peninggi badan. Lantas, seberapa efektif olahraga peninggi badan ini? Temukan jawabannya di penjelasan berikut yuk!

Fakta-fakta Terkait Olahraga Peninggi Badan

Sebenarnya, tinggi badan seseorang dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu faktor usia dan faktor keturunan, terutama tinggi badan orang tua. Pertambahan tinggi badan ini biasanya berlangsung lebih cepat saat laki-laki maupun perempuan memasuki masa pubertas.

Batas pertumbuhan laki-laki adalah usia 16 tahun, sedangkan perempuan adalah 14–15 tahun atau 2–3 tahun setelah menstruasi dimulai. Jadi, bila masih dalam masa pertumbuhan, kamu memiliki peluang untuk menambah tinggi badan dan salah satunya adalah melalui olahraga.

Banyak sumber yang mengklaim bahwa jenis olahraga tertentu cukup efektif sebagai olahraga peninggi badan. Berikut ini adalah beberapa jenisnya:

  • Latihan kekuatan, seperti push-up dan sit-up
  • Latihan kelenturan, misalnya yoga
  • Latihan aerobik, seperti lompat tali, bersepeda, berenang, berjalan, dan bermain tenis atau basket

Hanya saja setelah masa pertumbuhan selesai, olahraga seperti di atas sebenarnya tidak lagi mampu membuat seseorang menjadi lebih tinggi. Meski begitu, olahraga yang dilakukan secara rutin memiliki beragam manfaat selain untuk meninggikan badan, seperti memperkuat tulang dan otot, menjaga berat badan ideal, serta mengoptimalkan produksi hormon pertumbuhan.

Gerakan Olahraga Peninggi Badan

Olahraga memang nggak bisa membuat badan kita lebih tinggi dengan sendirinya apalagi kalau kita udah berusia di atas 18 tahun karena tubuh kita udah berhenti bertumbuh. Tapi, olahraga bisa melatih otot, tulang, dan postur kita supaya terlihat lebih tinggi. Nggak sembarang olahraga bisa memberikan efek ini ke tubuh kita.

Apa saja sih gerakan olahraga peninggi badan yang bisa kita coba untuk membuat kita terlihat lebih tinggi? Ini dia beberapa jenis gerakan olahraga  peninggi badan yang efektif dan wajib kamu coba!

1. Yoga

Olahraga meninggikan badan yang satu ini efektif banget dalam membuat badan terlihat lebih tinggi karena semua gerakannya meregangkan otot tulang belakang dan melatih tubuh kita untuk memiliki postur tubuh yang tegak. Pada dasarnya, yoga adalah kombinasi dari beberapa gerakan stretching dan latihan kekuatan yang dilakukan dalam bentuk flow. 

Gerakan stretching melatih tubuh kita untuk berpostur tegak dan lurus sekaligus melatih pernafasan kita sehingga gerakan tulang belakang kita alami mengikuti pernafasan. Latihan kekuatan di yoga juga membuat otot perut dan punggung kita semakin kuat sehingga dapat menopang tubuh dengan baik. Badan kita pun bakal terlihat semakin tinggi setelah yoga secara teratur karena kita terbiasa berpostur tegak.

2. Basket

Basket terkenal banget sebagai salah satu gerakan olahraga meninggikan badan dan olahraga satu ini memang bisa bikin tubuh kita terlihat lebih tinggi dari sebenarnya. Ketika main basket, kita pasti akan banyak melakukan lompatan untuk shooting atau passing yang meregangkan otot dan tulang belakang sehingga bikin kita terlihat lebih tinggi.

Selain itu, posisi tubuh yang tegak lurus ketika shooting dan melakukan overhead pass juga melatih postur tubuh kita lho. Postur tubuh malah merupakan salah satu kunci keberhasilan shooting kita dan kalau kita sering latihan shooting secara teratur, postur tubuh kita akan menjadi lebih baik juga sehingga kita terlihat lebih tinggi. Basket juga bisa membakar 630-750 kalori per jam sehingga bikin badan kita terlihat lebih ramping.

3. Renang

Apa kesamaan dari atlet-atlet renang dari berbagai negara? Mereka umumnya bertubuh tinggi! Nggak heran kalau olahraga renang cocok banget untuk kita yang ingin badan terlihat lebih tinggi. Renang adalah olahraga yang efektif banget memperkuat tulang belakang kita dan membuat postur tubuh lebih baik. Ini karena kita bergerak secara horizontal ketika berenang sehingga melawan gravitasi dan meregangkan tubuh kita, terutama bagian atas.

Yang membuat renang disukai banget sebagai gerakan olahraga meninggikan badan adalah renang termasuk olahraga yang cocok banget untuk kita yang di negara tropis karena bisa dilakukan di dalam kolam yang dingin sehingga bikin kita lebih segar. Selain itu, karena gerakan renang dilakukan di air, kita juga nggak berisiko tinggi cedera lho.

4. Hanging

Gerakan Olahraga Peninggi Badan

Bergelantungan bisa menjadi salah satu cara untuk meninggikan badan. Dengan meletakkan beban pada kedua tangan dan menggantungkan tubuh pada bar, Anda juga bisa meregangkan otot.

Lakukan gerakan ini dua atau tiga kali pull-up untuk memaksimalkan latihan dan ulangi selama 5-7 menit. Pastikan tiang untuk menyangga berat badan Anda sangat kuat dan aman digunakan.

5. Bersepeda

Cara meninggikan badan dengan olahraga selanjutnya adalah bersepeda. Manfaat bersepeda tidak hanya membantu meningkatkan stamina, tapi juga berpotensi menambah tinggi badan Anda.Ketika Anda bersepeda, tubuh bagian bawah melakukan tugas yang cukup berat dengan mengayuh.

Kabar baiknya, gerakan mengayuh ini dapat meningkatkan aliran darah pada lutut dan otot paha yang merangsang pertumbuhan.

Cara Mengoptimalkan Pertumbuhan Tinggi Badan

Selain fokus pada olahraga peninggi badan, ada beberapa faktor lain yang harus kamu perhatikan agar dapat mengoptimalkan pertumbuhan tinggi badan, di antaranya:

1. Menerapkan pola makan sehat

Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, mengonsumsi pola makan sehat dan bergizi seimbang juga dapat mengoptimalkan pertumbuhan tinggi badan.

Oleh karena itu, penuhi beragam asupan nutrisi, mulai dari mengonsumsi sayuran dan buah segar hingga makanan tinggi protein. Selain itu, kamu juga dianjurkan untuk mengonsumsi makanan kaya vitamin D yang baik untuk meningkatkan kesehatan tulang.

2. Memenuhi waktu tidur ideal

Tidur yang cukup memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Tidak hanya menurunkan stres, tetapi juga menjaga berat badan ideal dan mendukung tumbuh kembang, termasuk proses pertambahan tinggi badan. Jam tidur yang baik menurut ahli kesehatan adal 8 jam.

3. Mengonsumsi multivitamin

Kamu juga bisa mengonsumsi suplemen multivitamin agar dapat mengoptimalkan tumbuh kembang. Meski begitu, kamu disarankan untuk konsultasi lebih dulu dengan dokter untuk mendapatkan informasi yang tepat.

Hal penting yang perlu kamu ingat, jangan mudah percaya dengan produk peninggi badan yang menawarkan hasil instan. Beberapa produk tersebut bisa saja memiliki kandungan yang justru dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Itulah beberapa gerakan olahraga peninggi badan yang di rekomendasikan untuk Anda. Sebagai catatan, latihan-latihan fisik tersebut akan sangat membantu bila Anda masih dalam masa pertumbuhan atau di bawah usia 20 tahun. Namun intinya, apapun jenis olahraga yang dipilih, pastikan untuk selalu imbangi dengan airputih minimal 2 liter per hari baik sebelum ataupun sesudah memulainya. Semoga bermanfaat!